Air Terjun Tamalulua dan Bukit Bossolo, Desa Rumbia Kec. Rumbia Kab. Jeneponto

Gambar 1

Jalur menuju spot air terjun melewati hutan dan perbukitan. Berada di lereng bukit mengharuskan wisatasan memompa tenaga ekstra. Pasalnya jala setapak begitu menanjak. Jalur perjalanannya menjadi tak mudah. Trekking dengan jalan setapak berbatu mendominasi. Perjalanan memakan waktu 1 jam dari lokasi parkir kendaraan. Sesampainya bertemu sungai perjalanan akan semakin sulit. Bebatuan berlumut seketika licin saat dipijak. Tentu harus hati-hati dalam melangkah. 

Gambar 1.1
Tempat wisata di Desa Rumbia salah satu nya "Air Terjun Bossolo". Air terjun ini terletak di Desa Rumbia, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto di Sulawesi Selatan. Air terjun Bossolo jauh dari hiruk piruk perkotaan, dan berada di kompleks perbukitan. Kesejukan airnya berpadu dengan nuansa sejuk hutan dan perbukitan. Benar-benar nuansa alam yang mampu menghilangkan penat perkotaan. Sumber air di Air Terjun Bossolo berasal dari Lereng Gunung Moncong Lompobattang. Perjalanannya membelah bermacam perbukitan dan hutan. Mengalir ke hilir bertemu dengan bendungan Tompo Kelara. Aliran airnya begitu deras, terlebih saat musim penghujan tiba. 

Selain Air Terjun Bossolo, ada destinasi lain di Jeneponto yang tidak kalah menariknya seperti Lembah Hijau Rumbia, Batu Karst Pundo Siping, Boyong Water Park, dan lainnya.

Popular Posts