Pakaian Adat Suku Makassar

Sulawesi-Selatan adalah provinsi di Semenanjung Selatan Sulawesi. Ibukota-nya adalah Makassar, yang sebelumnya bernama Ujungpandang.

Gambar 1 (Peta Provinsi Sulawesi Selatan)

Menurut sensus penduduk tahun 2010, jumlah masyarakat Sulawesi-Selatan adlah 8.032.551 jiwa. Menjadikannya sebagai salah satu provinsi terpadat di antara provinsi-provinsi lainnya yang ada di Sulawesi. Sedangkan di Indonesia, Sulawesi-Selatan tercatat sebagai provinsi terpadat ke-6.
Ada banyak kelompok etnis yang mendiami Sulawesi-Selatan di antaranya adalah:

  • Suku Bugis
Merupakan kelompok etnis terbesar di Sulawesi-Selatan. Masyarakat Bugis menghuni bagian tengah dari Semenanjung Selatan Sulawesi-Selatan. Suku Bugis juga terkenal suka berpetualang sehingga tidak heran apabila banyak di antara mereka yang merantau keluat Sulawesi hingga ke Kalimantan dan Malaysia.

  • Suku Makassar
Adalah kelompok etnis terbesar kedua di Sulawesi-Selatan. Orang-orang Makassar mendiami bagian Selatan Semenanjung Sulawesi Selatan seperti daerah Jeneponto, Bulukumba, Bantaeng, Takalar, Gowa, Makassar, dan Maros.

  • Suku Toraja
Adalah etnis pribumi yang mendiami wilayah pegunungan Sulawesi-Selatan. Populasi mereka kurang lebih 650.000 jiwa. Sebagian besar tinggal di Tana Toraja atau Kabupaten Tana Toraja. 
Pakaian Adat Sulawesi-Selatan
Seperti yang telah dijelaskan di atas, masyarakat Sulawesi-Selatan Sangat heterogen. Dihuni oleh banyak suku bangsa sehingga masing-masing suku memiliki pakaian adat sendiri-sendiri. Walau demikian, pakaian adat Sulawesi-Selatan yang resmi adalah; "Baju Bodo", dan "Baju Bella Dada", yang dianggap mewakili ciri khas Sulawesi-Selatan.
Pakaian adat wanita Sulawesi-Selatan yang bernama "Baju Bodo". Merupakan pakaian adat yang pertama kali dikenal oleh masyarakat di sana. 
Source:


Comments

Popular Posts